Sosialisasi Penanganan Virus Corona (COVID-19) di Puskesmas

Foto untuk : Sosialisasi Penanganan Virus Corona (COVID-19) di Puskesmas

Terkait virus Corona yang kini mendunia. pihak Dinas Kesehatan Sarolangun telah mengirimkan instruksi ke seluruh Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Sarolangun, sebagaimana yang telah dilakukan oleh Kepala Puskesmas Mandiangin, dr. Yoga.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun, Bambang Hermanto, SKM, MM, Menurut Bambang Hermanto, SKM, MM, pihak Dinkes Kab. Sarolangun memberikan instruksi ke setiap Puskesmas untuk melakukan tindakan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dengan mengambil langkah-langkah deteksi dini dan pencegahan.

“Kita menginstruksikan untuk melakukan sosialisasi kepada dan pengamatan terhadap gejala kasus virus corona di wilayah kerjanya. Memberikan komunikasi informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang virus corona dan cara mencegah penularannya (Dengan cuci tangan pakai sabun dan etika batuk atau bersin) serta anjuran agar segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, bila mengalami gejala demam, batuk, sesak, dan gangguan pernafasan serta memiliki riwayat perjalanan dari negara terjangkit dalam waktu 14 hari sebelum timbul tanda gejala dalam bentuk penyuluhan media cetak dan elektronik. Segera melaporkan jika terjadi kasus suspek Pheumonia Berat yang memiliki riwayat perjalanan dari negara terjangkit yang ditemukan ke Bidang P2P melalui seksi P2PM Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun,” ujar Bambang Hermanto, SKM, MM. Jum’at (13/03).

Terkait penyebaran virus COVID-19 corona masyarakat jangan panik namun harus tetap waspada menurut beliau kepanikan akan berpengaruh dengan imun seseorang dan bisa menimbulkan penyakit lain, pungkas Bambang Hermanto, SKM, MM.

LPSE Kabupaten Sarolangun
kemenkes
Pemprov Jambi