Chat Admin


 

PENDAHULUAN

A.    VISI

“Memberikan Pelayanan Kesehatan Yang  Profesional Dan  Bermutu”

B.    MISI

1.    Meningkatkan tata kelola  puskesmas yang  baik  melalui perbaikan manajemen yang  efektif dan efisien.

2.    Meningkatkan mutu  pelayanan kesehatan sesuai  standar

3.    Meningkatkan kerja  sama  lintas  program dan lintas  sektor.

C.    MOTTO PELAYANAN

P : PROFESIONAL

A : AMANAH

N : NYATA

A : ADIL

N : NYAMAN

 

STANDAR PELAYANAN

A.  JENIS PELAYANAN

Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, ada  beberapa jenispelayanan di dalam  Puskesmas Pulau  Pandan, yakni:

1.    Pelayanan Pendaftaran,

2.    Pelayanan Poli  Umum dan Lansia

3.    Pelayanan Poli  KIA-KB,

4.    Pelayanan Anak/  MTBS

5.    Pelayanan Imunisasi,

6.    Pelayanan Poli  Gigi  dan  Mulut,

7.    Pelayanan Konsultasi Gizi

8.    Pelayanan Unit  Gawat Darurat,

9.    Pelayanan Rawat Inap,

10.  Pelayanan Bersalin,

11.  Pelayanan Laboratorium,

12.  Pelayanan Farmasi

13.  Pelayanan USG

14.  Pelayanan Infeksius

 

B. KOMPONEN STANDAR PELAYANAN

Dalam   memberikan   pelayanan   kepada   masyarakat,   Puskesmas Pulau Pandan menerapkan Komponen Standar Pelayanan yang  dibedakan menjadi 2 bagian yaitu:

1). Komponen  Standar  Pelayanan yang   terkait  dengan  proses penyampaian pelayanan (service delivery) meliputi:

       -  Persyaratan

Dalam  proses  penyelenggaraan  pelayanan,  persyaratan  harus   dapat dipenuhi  baik   secara   teknis   maupun  administrasi,  agar   memperhatikan prinsip  kesederhanaan,  keterkaitan,  konsistensi  dan   akuntabilitas artinya persyaratan   mudah   dipenuhi,  diikuti,  tidak    memberatkan   serta   dapat dipertanggung jawabkan kebenaran dan  kepastiannya. Persyaratandan tata  cara    pendaftaran   pelayanan   pada   fasilitas pelayanan  kesehatan pengunjung diwajibkan membawa identitas diri berupa KTP atau  KK  dan kartu BPJS untuk pasien baru, serta Kartu Berobat dan  kartu BPJS bagi pasien lama.

-     Sistem, Mekanisme dan Prosedur

Dalam  memberikan pelayanan, sistem  mekanisme dan  prosedur  adalah merupakan tata cara pelayanan yang dibakukan  untuk   setiap   jenis layanan. Untuk   menunjang  dan  tertib  dalam   pelaksanaan  mekanisme dan prosedur harus      didukung     SOP      (      Standar       Operating     Prosedur)  dengan memperhatikan prinsip  kesederhanaan dan  akuntabilitas. Metode  pelayanan yang  diberikan adalah  secara  offline.

-    Jangka Waktu Pelayanan

Jangka waktu   pelayanan  adalah  waktu   yang   diperlukan  mulai   saat pengunjung dilayani sampai dengan selesai di  unit  pelayanan tersebut. Adapun jangka waktu  penyelesaian dalam  penyelenggaraan pelayanan di Puskesmas  Pulau   Pandan  antara   15   menit   sampai  dengan  60   menit tergantung dari  jenis  pelayanan yang  diberikan.

 

-       Biaya  / Tarif

Dalam  memberikan  pelayanan  kepada  masyarakat  di   Puskesmas Pulau  Pandan biaya  yang  dikeluarkan dalam  pelayanan mengacu kepada Peraturan   Daerah   Kabupaten   Sarolangun   Nomor   13    Tahun   2015. Tanggal 21 Desember 2015  tentang Retribusi  Pelayanan  Kesehatan bagi pasien yang  tidak  memiliki jaminan kesehatan (BPJS). Bagi  pasien yang memiliki jaminan kesehatan (BPJS) dengan faskes  pertama di Puskesmas Pulau  Pandan maka  pelayanan tidak  dipungut biaya  (gratis), sesuai  dengan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 4 tahun  2017  tentang Tandar Tarif Pelayanan  Kesehatan  dalam   Penyelenggaraan  Program  Jaminan Kesehatan.

-     Produk  Pelayanan

Adapun produk pelayanan adalah pelayanan kesehatan sesuai denganjenis- jenis  pelayanan yang  ada  di Puskesmas Pulau  Pandan, yaitu:

1. Unit Gawat Darurat (UGD)

2. Poliklinik Umum

3. Poliklinik KIA/KB

4. Poliklinik Gizi

5. Poliklinik Gigi dan Mulut

6. Poliklinik Anak

7. Pelayanan Persalinan

8. Pelayanan TB Paru

9. Pelayanan Laboratorium

10. Pelayanan Infeksius

11. Pelayanan Imunisasi

12. Pelayanan Farmasi

MAKLUMAT PELAYANAN

SARANA PENGADUAN

Dokumen Standar Pelayanan

1. SK Standar Pelayanan (Download)

Dokumen Pengaduan

1. SK Pengaduan (Download)

2. Alur Pengaduan (Download)

 

Sarana Pengukuran Kepuasan Pelayanan

1. SOP Pengukuran Kepuasan Pelayanan (Download)

2. Form Pengukuran Kepuasan Pelayanan (Isi Disini)