PERTEMUAN PEMUTAKHIRAN DATA PELAYANAN KESEHATAN DAN PROFIL KESEHATAN

Foto untuk : PERTEMUAN PEMUTAKHIRAN DATA PELAYANAN KESEHATAN DAN PROFIL KESEHATAN

Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun melalui subbag program pada hari selasa tanggal 30 april  2019 bertempat di  Hotel Golden Kabupaten Sarolangun, menyelenggarakan pertemuan pemutakhiran data pelayanan kesehatan dan profil kesehatan. Pertemuan ini dihadiri oleh pengelola data profil puskesmas, pengelola data bidang di Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun, subbag program Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun dan subbag program dan data Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. Pertemuan ini langsung dibuka oleh Kepala Dinas Kabupaten Sarolangun, dalam sambutannya beliau menekankan bahwa data dan informasi merupakan sumber daya yang sangat strategis dalam mendukung program Indonesia Sehat dan juga kebutuhan akan data dan informasi yang envidence based (berbasis data yang akurt, tepat dan cepat) sangat penting karena berkaitan erat dalam menyampaikan informasi kesehatan kepada masyarakat.

Pertemuan ini dilaksanakan selama satu hari, dan dihasilkan beberapa kesepakatan yang harus ditindaklanjuti, yaitu :

  1. Dokumen Profil Kesehatan merupakan dokumen yang sangat penting dalam penyedia informasi tentang pelayanan kesehatan, oleh karena itu harus disusun dengan memperhatikan validitas, reliabilitas dan ketepatan waktu
  2. Penyusunan Profil Kesehatan akan ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun untuk tingkat kabupaten dan Surat Keputusan Kepala Puskesmas untuk tingkat puskesmas, petugas bertanggung jawab dalam menyusun profil dan uraian tugas.
  3. Dokumen Profil Kesehatan yang akan disampaikan ke Dinas Kesehatan terlebih dahulu difinalisasi di tingkat puskesmas antara petugas penyusun profil puskesmas dengan pengelola program puskesmas.
  4. Untuk menjaga konsistensi data maka pada rapat minilok puskesmas setiap bulan April, Juli, Oktober dan Januari akan dilaksanakan proses pemantapan data profil kesehatan setiap triwulan.
  5. Dokumen Profil Kesehatan menjadi salah satu instrument pembinaan puskesmas oleh Bapak Angkat Puskesmas.
  6. Dinas Kesehatan melalui subbag program akan melaksanakan sosialisasi Renstra Dinas Kesehatan dan Standar Pelayanan Minimal ke tingkat puskesmas.
  7. Untuk mendukung akreditasi puskesmas maka seluruh puskesmas untuk membentuk Tim Pembina Sistem Informasi Kesehatan.

Dengan terlaksananya pertemuan ini, maka akan dihasilkan data kesehatan yang valid dan reliabilitas.

LPSE Kabupaten Sarolangun
kemenkes
Pemprov Jambi