SINKRONISASI PERENCANAAN BOK PUSKESMAS T.A 2022

Foto untuk : SINKRONISASI PERENCANAAN BOK PUSKESMAS T.A 2022

Bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun pada hari Senin, 11 Oktober 2021 jam 11.00 Wib, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun, membuka acara rapat yang dihadiri oleh seluruh pengelola BOK puskesmas dan pengelola program puskesmas dengan tema Sinkronisasi Perencanaan BOK Puskesmas tahun anggaran 2022. Dalam sambutannya Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun H Adnan HS, SE, M.Kes menekankan kepada seluruh puskesmas dalam memanfaatkan BOK puskesmas harus senantiasa mengacu kepada juknis atau kebijakan penggunaan DAK Non Fisik yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, beliau menyampaikan dana BOK puskesmas diharapkan dapat meningkatkan capaian Standar Pelayanan Minimal bidang kesehatan di seluruh puskesmas mengingat sampai dengan saat ini capaian SPM Kabupaten Sarolangun dari 12 Indikator SPM yang ada belum mencapai target.

Demi ketercapaian 12 Indikator SPM sinkronisasi perencaan BOK Puskesmas dengan pemegang program Dinas Kesehatan sangat diperlukan sehingga terjadi sinergitas perencanaan antara seluruh puskesmas dengan Dinas Kesehatan. Untuk sinkronisasi perencanaan dalam rapat ini Plt. Kepala Dinas mengharapkan agar seluruh puskesmas melakukan koordinasi dengan pengelola program Dinas Kesehatan terhadap seluruh usulan yang telah disusun oleh seluruh puskesmas. Hasil dari sinkronisasi ini selanjutnya akan menjadi perencanaan BOK puskesmas definitif untuk tahun anggaran 2022 yang selanjutnya akan di input ke aplikasi e-renggar untuk proses desk dengan Kementerian Kesehatan.

Tidak lupa dalam rapat ini Plt. Kepala Dinas Kesehatan menekankan perlunya prinsif efisiensi dan efektifitas perencanaan sehingga anggaran yang ada dapat diselaraskan untuk mencapai 12 Indikator SPM bidang kesehatan.

Pemprov Jambi